Menu2

Memasukkan Pengaturan Permintaan / Batasan / Constrains



Dalam FET, batasan merupakan terjemahan dari Constrains. Batasan dalam hal ini diartikan sebagai pengaturan-pengaturan. Yaitu pengaturan-pengaturan yang akan  digunakan oleh FET, tentang bagaimana jadwal pelajaran akan disusun.  Batasan-batasan terdiri dari 2 golongan yaitu :
Batasan Waktu, terdiri dari 3 batasan penting yaitu :
a. Batasan Waktu untuk guru
b. Batasan Waktu untuk siswa
c. Batasan Waktu untuk kegiatan
Dan beberapa batasan waktu lagi yang jarang  digunakan
Batasan Tempat, juga terdiri  3 batasan penting yaitu : 
a. Batasan Tempat Mata Pelajaran
b. Batasan Tempat Siswa
c. Batasan Tempat Guru
Dan beberapa batasan tempat lagi  yang jarang digunakan
Dari dua batasan tersebut, FET telah mengatur batasan dasar  dengan bobot 100%(harus) dan kita tidak dapat mengubahnya, yaitu
-          batasan dasar waktu, dimana pada satu waktu, seorang guru tidak akan mengajar pada dua tempat berbeda. Dapat juga dikatakan, pada satu waktu seorang siswa hanya mendapat satu kegiatan pembelajaran.
-          Batasan dasar tempat, dimana pada satu ruang kelas tidak akan pernah terdapat dua kegiatan atau lebih.
Sedangkan selain 2 batasan dasar tadi, dapat diatur oleh pengguna.

a.)    Memasukkan batasan Waktu untuk guru :
Terdapat 22 macam pengatur batasan waktu untuk guru. Untuk pengaturan yang terpenting  adalah adalah Seorang Guru Tidak bersedia.   Batasan ini mengatur pada waktu-waktu kapan seorang guru dapat diberi tugas kegiatan mengajar dan pada waktu-waktu mana seorang guru tidak bersedia diberi kegiatan mengajar.
        Ada beberapa penyebab seorang guru , tidak bersedia diberi  tugas kegiatan mengajar pada waktu tertentu, misal
- Seorang guru yang rumahnya jauh darin sekolah , tidak bersedia mengajar pada jam pertama.
-  Seorang guru mata pelajaran tidak bersedia mengajar pada hari tertentu, karena sudah dijadwalkan pada hari tertentu di gunakan untuk kegiatan MGMP
-  Seorang guru hanya dapat mengajar pada jam-jam pagi hari , karena pada sore hari digunakan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi
-   Seorang guru tidak tetap hanya bersedia mengajar pada hari tertentu saja karena pada hari lain ia mengajar di sekolah yang berbeda.
Untuk memasukkan batasan ini, klik data, Batasan waktu, Guru dan pilih Seorang Guru Tidak  bersedia.Untuk memulai klik Tambah. Klik satu kali pada cell untuk memberi tanda silang dan klik sekali lagi untuk menghilangkan tanda silang, dan klik tombol tambah untuk menyelesaikannya. Persentase bobot 100% tidak bisa diubah.

 

Gambar 3.23
Pada contoh diatas, guru tersebut tidak bersedia mengajar pada hari Senin jam ke-1 dan jam ke-8, tidak bersedia pula pada hari Rabu dari jam ke 1 sampai jam ke 8, tidak bersedia pula pada hari Jumat jam ke-6,7,8, serta tidak bersedia mengajar pada hari Sabtu jam ke-7,8.
Pemberian batasan waktu Seorang Guru Tidak  bersedia harus diberikan kepada  setiap guru dengan cara yang sama seperti contoh diatas.
   
b.)    Memasukkan Batasan Waktu untuk Siswa
Terdapat 19 macam pengatur batasan waktu untuk guru. Untuk pengaturan yang terpenting  adalah adalah Seorang Siswa diatur tidak ada.   Batasan ini mengatur waktu-waktu kapan kapan saja serombongan siswa  diatur dapat diberi kegiatan pembelajaran dan pada waktu-waktu mana serombongan siswa  diatur  tidak ada kegiatan mengajar.
Pengaturan batasan ini disesuaikan dengan distribusi jam pembelajaran yang berlaku disekolah. Dan pengaturan batasan ini diberikan secara tersendiri untuk setiap rombongan belajar, karena mungkin saja setiap rombongan belajar memiliki jumlah jam perminggu yang berbeda-beda.
  Untuk memasukkan batasan ini, klik data, Batasan waktu, Siswa dan pilih Seorang Siswa diatur tidak ada.Untuk memulai klik Tambah. Klik satu kali pada cell untuk memberi tanda silang dan klik sekali lagi untuk menghilangkan tanda silang, dan untuk menyelesaikannya tekan tombol tambah. Persentase bobot 100% tidak bisa diubah.
 
Gambar 3.24
Pada contoh diatas, siswa 7A diatur tidak ada kegiatan belajar mengajar  pada hari Senin jam ke-1 dan jam ke-8, tidak bersedia pula pada hari Jumat jam ke-6,7,8 karena anak sudah dipulangkan / sholat Jum’at, serta diatur tidak ada pada hari Sabtu jam ke-7,8, karena siswa mengikuti kegiatan kebersihan dan altihan Pramuka. Untuk memberikan batasan yang sama pada kelas lainnya, cukup dengan mengganti rombongan belajar lain dan klik tambah lagi, sampai semua rombongan belajar diatur jam kegiatannya.
        Batasan lain yang perlu diberikan kepada siswa adalah Maks Jam perhari dengan tag kegiatan untuk semua siswa. Batasan ini dapat dimanfaatkan manfaat untuk :
a. Mengatur / membatasi  banyaknya mata pelajaran sulit perhari pada siswa
b. Mengatur / membatasi  banyaknya mata pelajaran praktek  perhari pada siswa
c. Mengantisipasi agar seorang guru tidak mempunyai kegiatan 2 kali dalam satu kelas.
 Batasan Maks Jam perhari dengan tag kegiatan untuk semua siswa secara default dikunci oleh FET, ditandai dengan gembok yang terkunci.  Untuk dapat memasukkan batasan ini, kunci harus dibuka terlebih dahulu.   Untuk membukanya klik Pengaturan , Lanjutan, centang  pada Aktifkan Tags dengan Maks kegiatan perhari.  Kini klik data, batasan Waktu, Siswa dan pilih maks jam perhari dengan tag kegiatan yang kini terterbuka kunciya. Kemudian klik tambah untuk memulai memasukkan tag-tag kegiatan yang akan diatur.
Untuk mengatur agar setiap siswa pada seluruh rombongan belajar tidak akan menerima pelajaran sulit lebih dari 2 maka :
Pada tag kegiatan pilih Mapel Sulit, persentase bobot nilainya dapat diubah untuk memperlonggar batasan misalkan diubah menjadi 90%. Namun jika anda menghendaki batasan ini harus dilaksanakan, maka biarkan saja angka 100% ini.

Gambar 3.25
Sedangkan Jam maks harian diisi dengan angka 2. Untuk mengakhiri klik tambah batasan.

catatan :
Mengantisipasi agar seorang guru tidak mempunyai kegiatan 2 kali dalam satu kelas, maka masukkan pula tag-tag guru seperti Agus S, Riyadi, ( lebih mudang menggunakan tag dengan Nama guru )  dan tag-tag lainnya yang pernah dibuat dimasukkan ke dalam kolom tag kegiatan satu per satu. Dan pada Jam maks harian diganti dengan 1, serta jangan lupa untuk mengklik Tambah batasan setiap kali menggati Tag Kegiatan.


c.)     Memasukkan batasan waktu kegiatan
Batasan waktu kegiatan tidak terlalu banyak digunakan, terkadang diabaikan. Batasan waktu biasanya sudah tercukupi dengan pengaturan batasan waktu guru dan batasan waktu siswa. Salah satu batasan yang diperlukan, adalah batasan waktu mata pelajaran. Pengaturan diperlukan untuk contoh kasus-kasus sebagai berikut ini :    
1)  Pada hari  Senin dan jam 7 - 8 , siswa kelas 9 A  harus melaksanakan  praktek Basaha Inggris , karena native speaker asing, hanya bias dating pada saat itu.
2)  Seorang guru mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dimana 2 jam untuk praktek  Olah Raga pada pagi hari saja ( jam ke 1 – 4 ) dan 1 jam pembelajaran klasikal kesehatan di ruang kelas dimana harus dilaksanakan pada jam-jam siang ( jam ke 6 – 8 )   
3) Pada sekolah-sekolah tertentu mengharuskan walikelasnya untuk memberikan pembinaan kepada siswa kelasnya pada hari Sabtu setelah pelajaran usai. Sehingga pada penyusunan jadwal , pada akhir jam pada hari sabtu, seorang wali kelas terjadwal pada kelas , dimana ia menjadi wali kelasnya.   

Catatan :
Jika kasus kasus seperti tersebut diatas tidak ada, maka bahasan berikut ini dapat diabaiakan terlebih dahulu.

FET  menyediakan pengaturan batasan waktu mata pelajaran  batasan yang  detail .
Berikut ini akan dicontohkan pada kasus kedua , dimana seorang guru mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dimana 2 jam untuk praktek  Olah Raga pada pagi hari saja ( jam ke 1 – 4 ) dan 1 jam pembelajaran klasikal kesehatan di ruang kelas dimana harus dilaksanakan pada jam-jam siang ( jam ke 6 – 8 ).
Mula-mula , pastikan guru tersebut pada pembatasan waktu guru diperkenankan mengajar mulai dari jam ke-1 sampai jam ke-8.
Pertama akan dilakukan pengaturan  pembatasan waktu untuk praktek Olah Raga ( pendd. Jasmani ) pada jam ke-1 sampai jam ke-4.  Klik Data, Batasan Waktu, Kegiatan, pilih sebuah legiatan dengan sekumpulan slot waktu yang disukai  .  Klik Tambah,  pada kolom Guru Pilih Nama Guru,  12. Giyono, S.Pd. Pada kolom kegiatan pilih kegiatan yang akan diatur,  118 – 2 – 12 GIYONO, S.Pd. –g Pend. Jasmani.  Lakukan pengaturan pada slot jadwal dengan mengklik sel -sel slot jadwal.  Sel berwarna hijau berarti diperbolehkan, sedangkan merah dengan silang  berarti, tidak akan terpasang kegiatan diatas. Klik Tambah, OK. ( Gambar 3.26)
Tambahkan lagi kegiatan yang akan diatur dengan memilih kegiatan pada kolom kegiatan. Dilanjutkan dengan klik pada  tambah . Begitu seterunya sampai semua kegiatan yang diharapkan dilaksanakan pada jam ke-1 sampai jam ke-4 selesai ditambahkan.   Akhiri dengan klik tutup.
     Kedua , melakukan pengaturan untuk guru yang sama, tetapi dengan kegiatan yang hanya diperkenankan  ditempatkan pada jam ke-6  sampai jam ke-8.

d.)    Memasukkan batasan tempat untuk  guru
Batasan-batasan tempat untuk guru antarlain berfungsi untuk :
1) Mengatur perpindahan mengajar guru dari satu gedung ke gedung lainnya yang berjarak cukup jauh.
2) Mengatur agar ruang-ruang bersama seperti lab. komputer / TIK dapat digunakan secara bergantian. Jika sekolah anda memiliki jumlah lab. komputer untuk pelajaran TIK yang terbatas untuk semua kelas, misal 1 lab. komputer  untuk 18 rombongan belajar, maka perlu dilakukan pengaturan batasan ruang, khusus pada ruang yang digunaka oleh mata pelajaran TIK.
3) Mengatur penggunaan ruang-ruang bagi sekolah yang menggunakan system pembelajaran  moving class


Catatan :
-  Sekali lagi , jika sekolah anda tidak memiliki kasus seperti tersebut diatas,  maka bahasan tentang batasan tempat dapat diabaikan terlebih dahulu.
Seperti  telah disebutkan sebelumnya terdapat  3 batasan tempat  penting yaitu : 
1)  Batasan Tempat Mata Pelajaran, digunakan pada sekolah baik yang moving class maupun bukan moving class, dimana mata pelajaran tertentu yang diampu oleh berapa guru  pada rombongan belajar yang berbeda , namun menggunakan satu ruang yang sama. Sebagai contoh , mata pelajaran TIK, siswa kelas 8 dan 9 diampu oleh guru 14 Abdullah  Asyad dan siswa kelas 7 diampu guru 36 Eko Purwanto . Pada sekolah ini hanya terdapat 1 laboratorium komputer saja. 
2)  Batasan Tempat Siswa, digunakan pada sekolah yang tidak menggunakan system moving class dimana   apabila ruang-ruang kelas yang ditempati siswa terletak pada pada gedung yang berjauhan, atau berbeda lokasi sekolah. Seperti sekolah yang memiliki 2 kampus, kampus lama dan kampus baru.
3)  Batasan Tempat Guru, digunakan untuk keperluan sekolah yang menggunakan system moving class. Setiap guru/ atau beberapa guru memiliki ruang tersendiri.
i.)                  Memasukkan batasan tempat mata pelajaran
Batasan Tempat Mata Pelajaran, merupakan batasan tempat yang paling banyak digunakan.  dimana mata pelajaran tertentu yang diampu oleh berapa guru  pada rombongan belajar yang berbeda , namun menggunakan satu ruang yang sama. Sebagai contoh , mata pelajaran TIK ( Tekn. Inf. Kom.) , siswa kelas 8 dan 9 diampu oleh guru 14 Abdullah  Asyad dan siswa kelas 7 diampu guru 36 Eko Purwanto . Dimana pada sekolah ini hanya terdapat 1 ruang  laboratorium komputer (lab. TIK ) saja.
        Untuk memulainya klik Data, pilih  Batasan Tempat,  pilih Mata pelajaran, pilih mata pelajaran dengan ruang tertentu.Kemudian klik Tambah.
        Pada kolom Pata Pelajaran pilih mata pelajaran I Tekn. Inf. Kom, kemudian pada kolom Ruang, pilih Ruang Lab. TIK.  Untuk mengakhirinya klik Tambah Batasan.
Gambar 3.28
ii.)                 Memasukkan Batasan Tempat Siswa,
Batasan Tempat Siswa, diperuntukkan bagi sekolah dengan system kelas tetap.  Jika sekolah anda menggunakan system moving class, maka point  memasukkan Batasan Tempat Siswa, dan langsung menuju ke memasukkan Batasan Tempat Guru.
Pengaturan Batasan Tempat Siswa, digunakan pada sekolah dimana ruang-ruang kelas yang ditempati siswa terletak pada pada gedung yang berjauhan, atau berbeda lokasi sekolah. Seperti sekolah dimana ruang kelas 7 berada di gedung ujung selatan dan kelas 8 berada pada gedung ujung utara. Atau sekolah yang memiliki 2 kampus, kampus lama dan kampus baru.
Penggunaan batasan ini bertujuan agar guru pengajar diberi jeda waktu yang cukup untuk  berpindah dari gedung satu ke gedung lainnya yang letaknya berjauhan.
Sebelum memulai pengaturan batasan ini , pastikan pada pembuatan data ruang  telah diatur letak ruangan-ruangan kelas berada gedung mana, seperti telah dicontohkan pada gambar 3.13 dan 3.14. Setelah dipastikan pengaturan ruang dan gedung telah dilakukan, maka batasan tempat siswa ini dapat dilakukan.
Untuk memulainya klik Data, pilih  Batasan Tempat,  pilih Siswa, pilih kelas paralel mempuanyai  ruang khusus.Kemudian klik Tambah. Yang dimaksud kelas paralel pada FET sama pengertiannya dengan kata kelas . Jadi Kelas Pararel 7A sama pengertiannya dengan Kelas 7A. 
        Pada kolom Kelas Paralel  pilih  7A, kemudian pada kolom Ruang, pilih  Ruang 7A.  Pada kolom presentase bobot biarlkan tetap 100%. Untuk memasukkannya sebagai data  klik Tambah Batasan. Kemudian dilanjutkan dengan Kelas Paralel 7B dan pada kolom Ruang isikan  Ruang 7B. Tekan kembali klik Tambah Batasan.  Begitu seterusnya sampai dengan siswa kelas terakhir. Setelah  pengaturan batasan tempat pada kelas terakhir, klik Tutup.


iii.)               Memasukkan Batasan Tempat Guru,
Batasan Tempat Guru diperuntukkan bagi sekolah yang menggunakan system moving class, dimana setiap guru atau beberapa guru memiliki ruang tersendiri. Sedangkan  siswa yang berpindah-pindah menuju ke ruang dimana guru akan memberikan pembelajaran.
        Untuk memulainya me masukkan batasan Tempat guru klik Data, pilih  Batasan Tempat,  pilih Guru, pilih Guru dengan  ruang khusus. Kemudian klik Tambah.