Cara Menyusun Jadwal Pelajaran dengan FET Time tabel

Cara Membuat Jadwal Pelajaran Menggunakan FET Time Tables
 Urutan melakukan penyusunan jadwal menggunakan FET sebagai barikut :

1. Intalasi Program FET ke Komputer.
FET merupakan software untuk menyusun jadwal secara otomatis menggunakan komputer PC dengan sistem operasi Wndows. Untuk pengguna Linux ubuntu telah tersedia FET versi ubuntu pada repository. FET merupakan software free yang halal buatan Liviu Lalescu. Software ini dapat di unduh secara gratis pada http://www.lalescu.ro/liviu/fet. 
 Sekilas , interface / penampilan FET tampak sederhana, namun saya menilai kernel (baca : otak) software ini nomor wahid diantara software-software penyusunan jadwal pelajaran lainnya, Asc Time tables sekalipun. Meski interface FET sederhana , namun dari segi pengaturan pengaturan FET memiliki kelengkapan yang jauh lebih detail dibanding software lain. Hasil pengacakannya dapat mencapai prosentase tinggi, tanpa melanggar data-data pembatasan. 

2. Pengaturan-pengaturan Dasar.

Pengaturan pengaturan data awal.
Agar kita mengerti cara kerja FET dalam melakaukan penyusunan jadwal sekolah, bagaimana menginput data, memproses, pengaturan, dan pengacaka, akan saya tuliskan bebrapa pengaturan data dan input data.
Namun sebelumnya kita perlu mengerti, urutan kerja menggunakan software penyusunan jadwak sekolah menggunakan software FET :
a. Pengaturan dasar meliputi pengaturan, Nama sekolah Hari perminggu dan pengaturan jam per hari.
b. Input data awal secara urut: Daftar Gedung / Ruang, daftar Rombel, Daftar Mapel, Daftar Guru dan daftar tag.
c. Membuat daftar kegiatan / Aktifitas.
d. Memasukkan Data-data.
  baca lebih lanjut
 


4. Memasukkan pengaturan permintaan.(constrain )
Dalam FET, batasan merupakan terjemahan dari Constrains. Batasan dalam hal ini diartikan sebagai pengaturan-pengaturan. Yaitu pengaturan-pengaturan yang akan  digunakan oleh FET, tentang bagaimana jadwal pelajaran akan disusun.  Batasan-batasan terdiri dari 2 golongan yaitu :
Batasan Waktu, terdiri dari 3 batasan penting yaitu :
a. Batasan Waktu untuk guru
b. Batasan Waktu untuk siswa
c. Batasan Waktu untuk kegiatan
Dan beberapa batasan waktu lagi yang jarang  digunakan
Batasan Tempat, juga terdiri  3 batasan penting yaitu : 
a. Batasan Tempat Mata Pelajaran
b. Batasan Tempat Siswa
c. Batasan Tempat Guru
baca lebih lanjut . . .

5. Statistik Data


      Statistik untuk mengecek pemasukan data
Setelah data-data selesai dimasukkan, perlu dilihat kembali apakah data-data yang telah dimasukkan telah benar.  Jika data yang dimasukkan salah, maka jadwal yang tersusun akan salah pula. Sebagian kesalahan pemasukan data akan diberi tahu oleh FET ketika kita memulai mengacak jadwal baru.  
Untuk melihat ringkasan data-data yang telah dimasukkan dapat dilihat pada menu Statistik.  Statistik Guru untuk melihat ringkasan jumlah pertemuan tiap guru dan durasi guru mengajar . Statistik Mata Pelajaran untuk melihat jumlah pertemuan setiap mata pelajaran dan durasinya .  Statistik Siswa untuk melihat jumlah pertemuan yang diterima rombongan belajar beserta jumlah jamnya  .

catatan :
- Informasi pada menu ini merupakan ringkasan data yang sangat umum.  Untuk dapat melihat  pemasukan data secara detail, lakukan langkah berikut.  Klik menu, pilih ekspor statistik lanjutan ke disk. Data akan disimpan pada lokasi tertentu, dapat berbeda pada setiap komputer. Oleh karena itu perlu dicatat letak folder ketika muncul form .  Pada contoh berikut ini, file akan disimpan dalam folder C:\Documents and setting\ekaw\fet-results\statistic\.... 
 dapat dibuka dengan Internet Explorer atau firefox.
lihat lebih lanjut . , ,

 5. Pengacakan jadwal


Setelah pemasukan data telah benar, kini pengacakan / pembuatan jadwal secara otomatis dapat mulai dilakukan. Untuk memulai pengacakan jadwal , langkahnya :
Klik menu Jadwal, pilih Buat Jadwal Baru, klik mulai.

Pengacakan jadwal akan berlangsung dalam waktu yang bervariasi. Berdasarkan pengalaman penulis, waktu terlama untuk susunan  jadwal sulit  yang diperlukan oleh FET sekitar 20 menit, sedangkan untuk penyusunan jadwal yang mudah hanya dalam hitungan detik saja. Jika lebih dari 20 menit selesai, hebtikan dan kurangi pengaturan-pengaturan yang kira-kira mempersulit pengacakan jadwal.
baca lebih lanjut



6. Pemindahan Jadwal Ke Excel.

cara 1 : File hasil pengacakan dapat dibuka dengan Internet explorer / Fire fox, kemudian di kopi pastekan ke excel.

cara 2 : membaca file xml dengan program bantu FET xml import yang jalan di Excel. Sayangnya masih ada beberapa bug, sehingga belum saya upload kan.

13 comments:

  1. Ada ga no hp yg bisa dihubungi? Saya barusan menggunakan fet, msh bingung cara mengatur datanya.gimana mengatur agar durasi pelajaran, misalnya fisika 6 jam per minggu dibagi menjadi 2 x atau 3 x pertemuan? Mohon tanggapannya, terima kasih byk sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika fisika 6 jam per minggu dan akan dibagi menjadi 2,2,2 maka caranya
      klik data, klik kegiatan, klik tambah, tentukan nama guru, siswa, mata pelajaran, jangan lupa tag nya (agar bisa diatur tidak 2 kali masuk dikelas yang sama dalam 1 hari).
      isikan pada bagi 3 jika menjadi 3 kali tatap muka
      isikan pada tab 1 dengan durasi 2, tab 2 durasi 2 dan tab 3 dengan durasi 2 juga.
      Biarkan tercentang "aktif", klik tambah.

      Delete
  2. Gimana mengatur durasi pelajaran, misalnya fisika 6 jam per minggu menjadi 2 atau 3 x pertemuan? Mohon tanggapannya, makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Ada ga no hp yang bisa dihubungi? Saya bingung cara mengatur agar pelajaran yang durasinya lebih dari 2 jam, misal 6 jam menjadi 2 atau 3 x pertemuan.makasih banyak atas tanggapannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke email saya di ekawaluya@gmail.com, mudah mudahan bisa menjawab dg panjang lebar.

      Delete
  4. yth pak eka waluya : sekolahan kami punya 36 rombel.....so g bs pkai FET ya pak?

    ReplyDelete
  5. Yth Pak Eka,
    saat saya Buat Jadwal Baru terdapat tulis sbb:
    "Kegiatan dengan id=13 tidak memiliki slot - silahkan dikoreksi"
    kendalanya di mana ya Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa sebab :
      1. Jumlah kegiatan melebihi waktu yang tersedia. Misal jam tersedia untuk rombel 38 jam perminggu, tetapi jumlah jam kegiatan yang dimaksukkan lebih dari 38 jam. Maka pesan diatas akan muncul pesan slot tidak mencukupi.Coba cek dengan statistik - expor statistik lanjutan ke disk, kemudian baca jumlah total jam kegiatan per rombel apa ada yang berlebih ?

      2. Jumlah jam kegiatan seoarang guru tidak sesuai jam yang diperbolehkan. Misal seoar
      ng guru olah raga mengajar 27 jam perminggu dengan masing masing durasi 3 jam, tetapi jam yang disediakan untuk guru tersebut kurang dari 27 jam. Atau tersedia lebih dari 27 jam tetapi durasi slot tidak sesuai misal 5 jam perhari selama 6 hari. Meski totoal tersedia 30 jam tetapi tidak cukup karena durasi jam perhari seharusnya kelipatan 3.

      Untuk coba-coba mengecek apa jadwal bisa tersusun, biasakan meng-generate jadwal tanpa batasan terlebih dahulu. Jika tanpa batasan jadwal bisa tersusun, baru batasan-batasan dimasukkan satu persatu.

      Semoga membantu.
      Untuk lebih jelas permasalahannya silahkan file data fetnya dikirim ke email saya ekawaluya@gmail.com

      Delete
  6. Pak Eko, csv maker yg untuk kurikulum 2013 kpan diposting? Ditunggu lho!

    ReplyDelete
  7. Silahkan di download di tab rogram Bantu.Perbedaan dengan versi terdahulu adalah pada durasi 3 jam tidak dipecah. Sedang yang 5 jadi 3 + 2. Dan beberapa revisi kecil.
    Trima kasih.

    ReplyDelete
  8. Cocok juga digunakan untuk membuat jadwal kerja
    Trims atas share ilmunya

    ReplyDelete
  9. Blog Pak Eka sangat membantu. Layanan emailnya juga cepat. Makasih sekali

    ReplyDelete