Menu2

Perbandingan Software Penyusunan Jadwal Pelajaran Sekolah Otomatis SMP-SMA-SMK

New ! Convert Asc to Excel, convert your full Asc timetables Schedule to Excel , Klik Here. Baru ! Convert Asc to Excel, mengkonversi jadwal Asc-mu ke Excel secara cepat dalam hitungan detik, klik di sini


Penyusunan jadwal memerlukan pemikiran yang komplek, karena banyak variabel yang membangunnya. Jadwal pelajaran yang baik akan memberi efek yang baik pada pengajar, dan berefek baik pula pada kenyamanan proses belajar mengajar. Yang akhirnya dapat mendukung keberhasilan proses belajar mengajar.

Hal ini menjadikannya tugas yang berat bagi seksi / waka kurikulum untuk menyusun jadwal pelajaran sekolah yang baik. Namun , jangankan susunan jadwal pelajaran yang baik, terkadang asal tidak saling tabrakan guru (atau ruang mis : lab TIK ) saja sudah beruntung, apa lagi sampai dapat menyusun jadwal dengan urutan yang nyaman bagi semua guru pengajar , itu nomor 2. Mungkin diperlukan waktu 1 minggu untuk menyusunnya sampai selesai.

Kini tantangan datang lagi dalam pembuatan jadwal sekolah.

Pertama ,
jumlah peserta didik harus dikurangi ( sesuai standar nasional ) per rombongan belajarnya sehingga jumlah rombongan belajar bertambah.
Kedua ,
program sertifikasi guru, menyebabkan setiap guru minimal harus mengajar 24 jam seminggu.
Ketiga,
moving class , sebuah alternatif baru pelaksanaan KBM.

Ketiga hal diatas menyebabkan kegiatan penyusunan jadwal sekolah memjadi membutuhkan pemikiran yang lebih banyak lagi.

Berikut ini beberapa software penyusunan jadwal pelajaran sebagai perbandingan :

Software Jadwal Pelajaran FET Time Tables

Software ini open source dari Lalescu Liviu
Program ini nyaris tak dikenal oleh khalayak pembuat jadwal pelajaran sekolah. Sekilas , interface / penampilan  FET tampak sederhana, Meski  interface FET sederhana , namun dari segi pengaturan pengaturan FET memiliki kelengkapan yang  detail dibanding software lain. Hasil pengacakannya dapat mencapai  prosentase tinggi, tanpa melanggar data-data pembatasan.


-          Tag, merupakan label catatan yang dapat diberikan pada setiap kegiatan. Tag dapat diisi dengan label seperti "mapel sulit ", "mapel praktek","jam pagi", " nama guru " dll. Dengan pengauran tag  antara lain dapat dicegah pengacakan mapel sulit menumpuk di satu hari,  atau dapat mencegah terjadinya kegiatan sama pada kelas yang sama pada hari yang sama pada waktu pengacakan. Sebagai contoh pada seorang guru mengajar Matematika pada kelas 9A  pada hari senin jam 1-2, maka FET tak akan memasang matematika  lagi pada kelas 9A pada hari yang sama.  Hal seperti ini sering  terjadi pada software aSC Time tables. 

-           Hasil jadwal dari format pure HTML nya FET dapat di Copy-Paste-kan ke spreadsheet. Misalkan  file …… _rooms_time_horizontal.html  di copy pastekan ke  software spreadsheet  seperti  Microsoft Excel atau Open Office, kemudian dapat diedit sebagai file editable spreadsheet. Ini benar-benar menghemat waktu.
             Dapat jugai memanfaatkan baris-baris macro VBA pada Microsoft Excel, conversi hanya memerlukan beberapa detik saja.  Ini sangat membantu, karena sebenarnya software apapun yang kita gunakan untuk menyusun jadwal, pada akhirnya kita menginginkan bentuk susunan jadwal pelajaran dalam format editable spreadsheet  seperti  Microsoft Excel atau Open Office.
             Jika anda mau , saya sudah membuat aplikasi konversinya. Saya menyebutnya FET import to excel. Sayang sekali anda belum bisa mendapatkan secara gratis. Hub : ekawaluya@gmail.com

-          Pengaturan / constrain waktu perpindahan jam mengajar antar gedung yang benar benar bagus.  Jika sekolah terdiri dari gedung-gedung yang berjauhan, atau mungkin gedungnya bertingkat, FET dapat mengkondisikan agar seorang guru dalam satu hari hanya mengajar di satu gedung saja atau 1 lantai saja , sehingga tidak perlu naik turun atau pindah ke sana kemari.

  Disamping kelebihan diatas, terdapat kekurangan diantaranya :

Pertama, tampilan interface yang digunakan untuk memasukkan data-data dan batasan-batasan (constrains) sangat detail, sampai pengaturan ke level kegiatan/ activity, lebih detail dibanding  pada aSC Time Tables.  Penyusun jadwal harus  lebih teliti  memasukkan data dan memberikan pengaturan pembatasan ( contrains ). 

Kedua, 100% otomatis dan tak ada hasil jadwal yang nampak sebagai hasil pengacakan otomatis, sehingga campur tangan secara manual oleh penyusun tidak dimungkinkan. Untuk membaca output hasil pengacakan yang berformat html, diperlukan Microsoft  internet explorer   atau  firefox. Jika diperlukan pengaturan ulang  untuk pengaturan secara manual, dapat dilakukan pada Microsoft excel atau menggunakan open office.

- Running on : MS. Windows, tersedia juga pada repository Linux Ubuntu
- bersifat portabel, tidak perlu diinstal.
- Pengacakan : Otomatis ,
- Lembar Jadwal Pelajaran per guru ( format : html (pure html)  )
- Lembar Jadwal Pelajaran per Ruang Kelas ( format : html (pure html) )
- Jadwal mengajar per guru ( format : html (pure html)
- Dengan hasil pengacakan dengan format pure html,


Software Jadwal pelajaran aSC Time Tables

ASc Time Tables  merupakan software berbayar buatan  aSc Applied Software Consultans. Secara khusus ditujukan untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah. Anda dapat membelinya dengan secara online atau mencoba versi demo yang dapat di unduh.  Dalam versi demo semua fungsi dapat berfungsi secara penuh. Hanya mencetak saja yang tidak dapat dilakukan.

ASc Time tables menggunakan model sederhana dalam menyusun jadwal pelajaran dengan model kartu, seperti kebanyakan penyusun jadwal pelajaran, pengguna pemula-pun mudah menggunakan.  Interface / penampilan dalam bentuk grafis dengan kartu yang berwarna-warni.  Jika anda mengerjakan jadwal secara manual  tinggal klik dan drag-drop saja, alias tidak perlu banyak menulis.

ASc Time tables dilengkapi  Kernel (baca : otak) untuk pengacakan otomatis , dan   terhitung bagus.  Selain   interface yang full grafis,  dari segi pengaturan pengaturannyapun  memiliki kelengkapan yang  detail. Tingkat pengacakannya otomatisnya memiliki 3 tingkatan, normal, sedang dan tinggi.  Pengacakan dengan pilihan kesulitan normal, memerlukan waktu  kurang lebih 30 menit, sedang pilihan tingkat kesulitan  tinggi dapat memerlukan waktu berjam-jam. Jika anda bosan menunggu anda dapat meminta software secara cepat dalam hitungan detik, biasanya masih tersisa beberapa kartu dan harus diselesaikan secara manual.

Running on : MS. Windows

Pengacakan : Otomatis dan Manual WYSWYG ( jadwal langsung terlihat )

mulai asc 2018 , fitur export to pure html digantikan html swf, sehingga copy paste ke excel tidak bisa dilakukan lagi

jika anda memerlukan mengekspor Asc ke Excel , saya sudah membuat aplikasinya. dapatkan infonya di tab Home.



Asal Software : Slovakia

download Software Jadwal pelajaran Asc Time tables

ESW Program Penyusunan Jadwal Sekolah Otomatis


   Software ini buatan saya sendiri yang otomatisasinya menggunakan +-3000 baris perintah VBA Excel. Sangat lancar jalan pada Office 2003 kebawah. Namun sejak Office 2007 karena ada pelebaran kolom dari 250 menjadi ribuan kolom, berimbas pada VBA, yang menjadi sangat lambat ( 20 kali lebih lambat untuk menjalankan ESW) , pengacakan otomatis pada software ini tidak dikembangkan lagi.
Kini ESW lebih mengembangkan aplikasi aplikasi bantu dalam penyusunan Jadwal Pelajaran Sekolah, diantaranya :


- XML Maker for Asc Time Tables , untuk konversi Excel ke Asc Time tables.

- Konverter Asc to Excel ,  konversi dari Esc ke Excel. Tersedia dalam format VBA Excel dan Windows Aplication. Konversi Asc ke Excel dalam hitungan detik.

Jika anda berminat , hub : ekawaluya@gmail.com atau klik