Perbandingan Software Penyusunan Jadwal Pelajaran Sekolah Otomatis SMP-SMA-SMK



Hal yang rutin bagi pendidikan / pembelajaran di SD, pembelajarn di SMP, pembelajaran di SMA atau pembelajaran di sekolah pada awal tahun ajaran baru, untuk mengatur kembali jadwal mata pelajaran atau membuat jadwal pelajaran. Diawali dengan pembagian tugas jam mengajar dan tambahan tugas lain. Karena beberapa sebab, pembagian tugas mengajar maupun pembagian tugas tambahan berubah setiap tahun, bahkan di setiap semester atau ketika ada guru yang cuti melahirkan atau sakit dalam waktu panjang. Oleh karena pembagian tugas berubah, jadwal pelajaran sekolah pun juga harus diubah.

Penyusunan jadwal memerlukan pemikiran yang komplek, karena banyak variabel yang membangunnya. Jadwal pelajaran yang baik akan memberi efek yang baik pada pengajar, dan berefek baik pula pada kenyamanan proses belajar mengajar. Yang akhirnya dapat mendukung keberhasilan proses belajar mengajar.

Hal ini menjadikannya tugas yang berat bagi seksi / waka kurikulum untuk menyusun jadwal pelajaran sekolah yang baik. Namun , jangankan susunan jadwal pelajaran yang baik, terkadang asal tidak saling tabrakan guru (atau ruang mis : lab TIK ) saja sudah beruntung, apa lagi sampai dapat menyusun jadwal dengan urutan yang nyaman bagi semua guru pengajar , itu nomor 2. Mungkin diperlukan waktu 1 minggu untuk menyusunnya sampai selesai.

Kini tantangan datang lagi dalam pembuatan jadwal sekolah.

Pertama ,
jumlah peserta didik harus dikurangi ( sesuai standar nasional ) per rombongan belajarnya sehingga jumlah rombongan belajar bertambah.
Kedua ,
program sertifikasi guru, menyebabkan setiap guru harus mengajar 24 jam seminggu.
Ketiga,
moving class ,sebuah alternatif baru pelaksanaan KBM.


Ketiga hal diatas menyebabkan kegiatan penyusunan jadwal sekolah makin sulit.

Berikut ini beberapa software penyusunan jadwal pelajaran sebagai perbandingan :


Software Jadwal Pelajaran FET Time Tables

Software ini open source dari Lalescu Liviu

Program ini nyaris tak dikenal oleh khalayak pembuat jadwal pelajaran sekolah. Sekilas , interface / penampilan  FET tampak sederhana, namun saya menilai kernel (baca : otak) software ini nomor wahid diantara software-software penyusunan jadwal pelajaran lainnya.  Meski  interface FET sederhana , namun dari segi pengaturan pengaturan FET memiliki kelengkapan yang jauh lebih detail dibanding software lain. Hasil pengacakannya dapat mencapai  prosentase tinggi, tanpa melanggar data-data pembatasan.

Fasilitas penting yang  melebihi software lain antara lain :

-          Waktu pengacakan yang lebih cepat. Jadwal kategori sulit dapat diselesaikan  pengacakannya  +- 20 menit saja. Jika kategori mudah dapat selesai kurang dari 1 menit.

-          Tag, merupakan label catatan yang dapat diberikan pada setiap kegiatan. Tag dapat diisi dengan label seperti "mapel sulit ", "mapel praktek","jam pagi", " nama guru " dll. Dengan pengauran tag  antara lain dapat dicegah pengacakan mapel sulit menumpuk di satu hari,  atau dapat mencegah terjadinya kegiatan sama pada kelas yang sama pada hari yang sama pada waktu pengacakan. Sebagai contoh pada seorang guru mengajar Matematika pada kelas 9A  pada hari senin jam 1-2, maka FET tak akan memasang matematika  lagi pada kelas 9A pada hari yang sama.  Hal seperti ini sering  terjadi pada software aSC Time tables. 

-           Hasil jadwal dari format pure HTML nya FET dapat di Copy-Paste-kan ke spreadsheet. Misalkan  file …… _rooms_time_horizontal.html  di copy pastekan ke  software spreadsheet  seperti  Microsoft Excel atau Open Office, kemudian dapat diedit sebagai file editable spreadsheet. Ini benar-benar menghemat waktu. Apalagi jika ditambahkan beberapa baris macro pada Microsoft Excel, editing hanya memerlukan beberapa detik saja.  Ini sangat membantu, karena sebenarnya software apapun yang kita gunakan untuk menyusun jadwal, pada akhirnya kita menginginkan bentuk susunan jadwal pelajaran dalam format editable spreadsheet  seperti  Microsoft Excel atau Open Office.

-          Pengaturan / constrain waktu perpindahan jam mengajar antar gedung yang benar benar bagus.  Jika sekolah terdiri dari gedung-gedung yang berjauhan, atau mungkin gedungnya bertingkat, FET dapat mengkondisikan agar seorang guru dalam satu hari hanya mengajar di satu gedung saja atau 1 lantai saja , sehingga tidak perlu naik turun atau pindah ke sana kemari.

   Disamping kelebihan diatas, terdapat kekurangan diantaranya :

Pertama, tampilan interface yang digunakan untuk memasukkan data-data dan batasan-batasan (constrains) cukup rumit, lebih rumit dibanding  pada aSC Time Tables.  Penyusun jadwal dituntut  lebih teliti dan sabar memasukkan data dan memberikan pengaturan pembatasan ( contrains ). 

Kedua, tak ada hasil jadwal yang nampak sebagai hasil pengacakan otomatis, sehingga campur tangan secara manual oleh penyusun tidak dimungkinkan. Untuk membaca output hasil pengacakan yang berformat html, diperlukan Microsoft  internet explorer   atau  firefox. Jika diperlukan pengaturan ulang  untuk pengaturan secara manual, dapat dilakukan pada Microsoft excel atau menggunakan open office.

- Running on : MS. Windows, tersedia juga pada repository Linux Ubuntu
- bersifat portabel, tidak perlu diinstal.
- Pengacakan : Otomatis ,
- Lembar Jadwal Pelajaran per guru ( format : html (pure html)  )
- Lembar Jadwal Pelajaran per Ruang Kelas ( format : html (pure html) )
- Jadwal mengajar per guru ( format : html (pure html)
- Dengan hasil pengacakan dengan format pure html, maka dapat di kopy pastekan ke Spread sheet Microsoft Excel atau Open Office.

download Software Jadwal pelajaran FET Time tables






Software Jadwal pelajaran aSc Time Tables

ASc Time Tables  merupakan software berbayar buatan  aSc Applied Software Consultans. Secara khusus ditujukan untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah. Anda dapat membelinya dengan secara online atau mencoba versi demo yang dapat di unduh secara gratis pada  http://www.aScTimetables.com.  Dalam versi demo semua fungsi dapat berfungsi secara penuh. Hanya mencetak saja yang tidak dapat dilakukan.

ASc Time tables menggunakan model sederhana dalam menyusun jadwal pelajaran dengan model kartu, seperti kebanyakan penyusun jadwal pelajaran, pengguna pemula-pun mudah menggunakan.  Interface / penampilan dalam bentuk grafis dengan kartu yang berwarna-warni.  Jika anda mengerjakan jadwal secara manual  tinggal klik dan drag-drop saja, alias tidak perlu banyak menulis.

ASc Time tables dilengkapi  Kernel (baca : otak) untuk pengacakan otomatis , dan   terhitung bagus.  Selain   interface yang full grafis,  dari segi pengaturan pengaturannyapun  memiliki kelengkapan yang  detail. Tingkat pengacakannya otomatisnya memiliki 3 tingkatan, normal, sedang dan tinggi.  Pengacakan dengan pilihan kesulitan normal, memerlukan waktu  kurang lebih 30 menit, sedang pilihan tingkat kesulitan  tinggi dapat memerlukan waktu berjam-jam. Jika anda bosan menunggu anda dapat meminta software secara cepat dalam hitungan detik, biasanya masih tersisa beberapa kartu dan harus diselesaikan secara manual.

Running on : MS. Windows

Pengacakan : Otomatis dan Manual WYSWYG ( jadwal langsung terlihat )

Out put :

- Lembar Jadwal Pelajaran per guru ( format : html, excel )
- Lembar Jadwal Pelajaran per Ruang Kelas ( format : html , Excel )
- Kartu jadwal mengajar per guru ( format : html, Excel )

Asal Software : Slovakia

download Software Jadwal pelajaran Asc Time tables

ESW Program Penyusunan Jadwal Sekolah Otomatis


   Numpang Software ini buatan saya sendiri yang otomatisasinya menggunakan +-3000 baris perintah VBasic for Excel. Sangat lancar jalan pada Office 2003 kebawah. namun sejak Office 2007, dimana VBasicnya sangat lambat ( 20 kali lebih lambat untuk menjalankan ESW) , pengacakan otomatis pada software ini tidak dikembangkan lagi. Kini ESW dilengkapi dengan FET XML import gunakan sebagai pengolah hasil pengacakan dari FET time table.  
   * Sistem Operasi : Microsoft Windows XP , Windows Vista, Windows 7
    * Tambahan Perangkat Lunak : Microsoft Excel 2003, 2007, 2010
    * Rombongan Belajar : maksimal 27 kelas
    * Guru Maksimum : Maks. sampai dengan 80 orang
    * Pengacakan : Manual dan Otomatis


Out put :

menghasilkan lembaran sesuai dengan kebutuhan administrasi sekolah, dan semuanya dalam format exel seperti :

- Lembar Jadwal Pelajaran untuk lampiran SK. KBM ( format : Excel)
- Lembar Jadwal Mengajar Guru ( kumpulan jadwal per guru , format : excel )
- Lembar Jadwal Pelajaran per Ruang Kelas ( format : Excel )
- Kartu jadwal mengajar per guru / jadwal saku ( format : Excel )
- Daftar Guru yang mengajar Per kelas ( format : Excel )